Rabu, 21 November 2012

dampak negatif internet


Dampak negatif yang diperoleh dari penggunaan internet. Diantaranya :

  • ·        Dengan adanya internet ini cenderung siswa karena merasa mudah membuat siswa menjadi malas untuk membaca buku.
  • ·        Menghabiskan sebagian waktunya untuk membuka jejaring sosial dan game online sehingga kita banyak mengluarkan uang yang mungkin kurang bermanfaat.
  • ·        Karena internet besifat bebas dan mudah diakses pornografipun merajalela. Hal ini berdampak buruk bagi perkembangan prestasi dan mental siswa.
  • ·        Menyebabkan fungsi mata terganggu oleh radiasi dari monitor. Sering terjadi nyeri pada bagian punggung karena saraf dipunggungnya terganggu akibat terlalu lama didepan komputer atau posisi duduk yang kurang nyaman.
  • ·        Berdampak juga pada kesehatan manusia diantaranya mengubah alur kerja game, menghambat respon sistem imun, tingkat hormon, fungsi arteri dan mempengaruhi kondisi menta yang akhirnya hal tersebut berpotensi meningkatkan resiko gangguan kesehatan seperti kanker, stroke, penyakit jantung dan lain-lain.
  • ·        Seorang yang menghabiskan waktunya didepan komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktifitas ini dapat menimbulkan fisik yang lemah bahkan obesitas.
  • ·        Selain dampak diatas kita juga sering mengenal dengan kata kecanduan internet yang berdampak pada [restasi dan minat belajar siswa.
    1. Bagaimana cara menanggulangi dampak negatif penggunaan internet terhadap minat belajar siswa ?
Berikut cara agar siswa tetap menggunakan internet namun tidak mengganggu prestasi dan minat belajar :
·        Pandai-pandai membagi waktu.
·        Tidak terlalu banyak online menggunakan internet tetapi menggunakan handphone yang lebih praktis.
·        Hanya memakai game online dan jejaring sosial pada waktu senggang.
·        Mengurangi aktifitas menggunakan internet, lalu waktunya digunakan untuk belajar.
·        Membatasi pemakainan internet.
    1. Bagaimana cara meningkatkan minat belajar ?
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Diantaranya :
  • ·        Menghubungkan bahan pelajaran yang akan diajarkan dengan siswa maka minat belajar akan tumbuh manakala ia dapat menangkap bahwa materi pelajaran itu berguna untuk kehidupan sehari-hari.
  • ·        Menyesuaikan materi pelajaran dengan tingkatan pengalaman dan kemampuan siswa. Materi pelajaran yang terlalu sulit untuk dipelajari atau materi pelajaran yang jauh dari pengalaman siswa akan tidak diminati siswa. Materi pelajaran yang terlalu sulit akan dapat diikuti dengan baik, yang dapat menimbulkan siswa akan gagal mencapai hasil yang optimal. Dan kegagalan itu dapat membunuh minat belajar siswa. Biasanya minat belajar akan tumbuh jika siswa mendapatkan kesuksesan dalam belajar.
  • ·        Belajar dengan menggunakan berbagai model dan strategi pembelajaran secara bervariasi, misalnya : diskusi, kerja kelompok, eksperimen, demonstrasi, dan lain-lain.
  • ·        Sisa menyadari sendiri akan pentingnya belajar dan berusaha menaikkan minat belajar masing-masing sendiri. Karena jika guru sudah mengusahakan berbagai macam cara untuk meningkatkan minat belajar siswa, tidak akan ada gunanya jika siswa itu sendiri sama sekali tidak peduli dengan minat belajar mereka.

social media

Social media
Like most successful educators, Eric Sheninger firmly believes that effective communication, listening, support, shared decision making, and the integration
of technology are essential elements necessary for the transformation of school
cultures. But Sheninger, who just a few years ago had little interest in new technology, has taken that transformation to a new level. Harnessing the power of social media, he’s created a learning environment that is fully in sync with the world his students inhabit.
Sheninger and his teachers use Facebook and Twitter to communicate with students and parents, and students use social media to plan events. In class, teachers routinely ask kids to power up their cellphones to respond to classroom polls and quizzes. Rather than ban cellphones, Sheninger calls them “mobile learning devices.” He also replaced the school’s “static, boring” website with what has become a heavily-used Facebook page, and his teachers encourage students to research, write, edit, perform and publish their work online.
Yes, Sheninger and his teachers have given up some control, but the rewards – engaged students, impressive outcomes and a much more stimulating learning environment – have been worth it. In my recent conversation with Sheninger, he shares what he’s learned on this journey, and offers advice to teachers and administrators who haven’t yet embraced social media. “Fear of failure holds us back,” Sheninger says. But, he notes, “Hundreds of thousands of educators [via social media networks] are willing to guide you through the process.”

the positive and negative effect of korean culture

THE POSITIVE AND NEGATIVE EFFECT OF KOREAN CULTURE

Do you knows and likes about traditional music??  do you knows and likes about Korean girlbandboysband ??which one do you like?? A traditional music or Korean music ??I  think you always answer Korean music. all of the tens knows and likes it. Well, I want to tell you about the negative and positive of Korean culture.
          Korea  is an East Asiangeographic region that is divided into two separate sovereign statesNorth Korea and South Korea. Korea is bordered by China to the northwest, Russia to the northeast, and is separated from Japan to the east by the Korea Strait and the Sea of Japan (East Sea), and separated from the Taiwan to the south by the East China Sea. Korean has a unique culture. Korean culture has entered Indonesia from 1970. First, the Korean pop has entered Indonesia since 1970, then, the other of the Korean culture has entered Indonesia since 2000.
          Now, Indonesian people knows  a very many kind of Korean culture, for example music, film, the styles of korean clothes and hairs, and advertisements.
Some of us imitate it because some of us only think Korean is good , positive culture. Yes,Korean culture has a positive effect for indonesia for example:
1.     Indonesia inspired to developing indonesian culture in abroad
2.     Indonesian people knew a new culture from Korean and can learn about Korean
3.     Indonesian people can make Korean music/film to a business
For example: a k-lovers websites
But not only a positive effect, but also the negative effect example:
1.     Indonesia teens forget their own culture, because they only knows about korean music or korean film
2.     Korean culture makes teens less creativity, because they only imitate korean culture and cant make a new culture or learn their own culture

3.     Make indonesian people stupid, because they only look or learn about korean culture and they do not  learn about other
4.     Indonesian teens makes korean culture like a god for them, why? Because they only spend time for look korean, and they forget to do something, example reading quran, do pray , do duty, etc and they only think if  can do it very easy and quickly
5.     Can make you be a “Korean lovers”
If you like but you don’t want to “do” negative effect, there are some tips for you.:
1.     Don’t watch  television overtime , because it can make you stupid/lazy
2.     Don’t  over to imitate Korean culture, like brush your hair, wear short skirt / cloth.
3.     If you like to watch korea, don’t forget to do other, like pray, do duty, etc, and don’t think if take it easy.
4.     Don’t only spend your time with watch Korean film or listen Korean music, spend your time with positive activity.  Example: help the other, do sports, etc
5.     Don’t forget with your own culture. If you forget it, other state will imitate and “steal”  your culture . for example:  Malaysia  imitate reog ponorogo, because they want to introduce it if it’s  their culture
Indonesian people must realize negative effect of Korean culture,and do a positive activity.and Indonesian people must learn own culture.  If Indonesian people can do it, Indonesia will be good as well as possible.   

diskusi peranan media sosial versi bahasa inggris

Discussion

This study indicates that educators utilize social media as an instructional medium to blend informal learning into formal learning environments within the public administration discipline. Social media provides them with the ability to break the limitation of course management systems, enables innovative and collaborative interactions, connects textbook knowledge to real-world problems, and facilitates personalized constructive learning. However, respondents also observed pitfalls or challenges, such as privacy concerns for faculty and students and helping students use the tools for learning, rather than entertainment or personal interactions. This discussion section uses the observations from study participants and expands further to suggest areas for future development and research.
Social media and networking technologies have significant potential to recreate the learning environment between student and teacher. Learning can be experienced as a uniquely social enterprise; course content can be co-created by a community of learners, where the instructor is a learner along with students. The role of instructor might then transform to become as much facilitator as subject matter expert. As one respondent noted, such role transformation can allow greater interaction across the teacher-student divide: “Students are more engaged with the professor...thus, appear to be more engaged with the materials.”
These technologies, however, may not be implemented in their most pure form to take advantage of their full potential. The concerns expressed by faculty—namely concerns of privacy and student-teacher relationships—may alter the social landscape to prevent possible desired learning outcomes from being achieved. This dynamic can be understood through Fountain’s (2001) technology enactment framework. Writing about how government agencies adopt and adapt e-technologies, Fountain observed that there is an important distinction between objective and enacted technologies. Objective technologies are the tools available that might directly be applied in the practice of teaching and learning (e.g., Facebook, Wikispace, YouTube, Ning). Enacted technologies are the same tools altered, based on institutional rules and organizational culture. What is enacted, thus, may be less than what is possible given the optimum or full use of the technologies. Learning outcomes that are possible in social environments may not be realized if the social dimensions of the objective technologies are not fully enacted.
Continuing development of social networking and other collaborative tools and increased opportunities for interaction will require new ways to measure academic progress in real time. Using traditional formal learning assessments to evaluate the social learning process is difficult, especially if the learning happens outside the classroom in an informal learning environment. If educators make use of the informal learning that occurs on social media and networking services, it is possible that the achievement gap between marginalized students and mainstream students can be reduced. Conversely, as study respondents observed, using these social tools in the learning process may lead to more distractions, and, thus, reduce student achievement. Further testing is needed on this important question of impacts of social media on academic performance. Future research can also explore the effects of using rubrics for social media use on learning outcomes and can include experiments to determine the best facilitation and assessment strategies for social learning.
The cultural norms that create a separation between teacher and student represent one filter that can drive a wedge between objective and enacted social media and networking technologies. Teachers, who have reservations about sharing their full “personal” selves, may disadvantage their students by diminishing the roots of their passions in the subject matter being taught (Palmer, 2007). Faculty who address this cultural norm by creating separate social media identities for their students than those for friends and family fall into this trap, as do faculty who refuse to “friend” current students at all. Some respondents in this study participated in both activities. Splitting oneself into personal, professional, and other categories diminishes the full social potential of technologies that thrive based on a willingness to be transparent about one’s whole self. The enacted technology, then, is less than social and, thus, less likely to generate desired learning outcomes.
To achieve possible learning outcomes, capacity building and training is necessary for faculty, so that they can understand the theory behind social learning and the limitations that are created through the erection of a wall between teacher and students. Similarly, university rules that permit or do not permit the use of social media for teaching need to be examined to ensure such rules are not artificially constraining the pure adoption of objective social technologies. This call for institutional support is consistent with findings from this study. Interviewees expressed a strong need for faculty support in terms of adopting new technologies. They would like to have access to technologies and learn more about new ways of using them, such as best practices and pitfalls. They looked forward to their institutions embracing innovations. There is, ultimately, a need for crafting and implementing clearly stated institutional policies on the use of social media in the educational environment.

bahwa perlunya pendidikan seks bagi siswa versi bahasa inggris

-->
D.C. students say schools' sex education is antiquate
D.C. public high school students who participated in focus groups on sexual health said they were unimpressed with the District's sex education curriculum, do not trust the school nurses who are charged with counseling them about disease prevention and disdain the brand of condoms distributed by schools.
The students, particularly girls, said they were too suspicious or embarrassed to talk to school nurses about sex or ask about condoms. "It's like talking to your mom," one student said.
Those were some of the findings of a survey conducted by the Error! Hyperlink reference not valid., funded by the D.C. Council Committee on Health, whose chairman, council member David A. Catania (I-At Large), had a hearing on the issue Wednesday.
"This has never been done by a committee," but "it's been an elephant in the room, an unaddressed issue for years: What are we doing with respect to the sexual health of our children? No one wanted to tackle it," Catania said.
The survey consisted of 10 focus groups totaling about 250 high school students and was administered between April and this month. Because of the survey's small sample of the system's 12,000 high school students, the findings could not be generalized to represent that entire population.
Researchers said the participants' responses were unusually frank and provided valuable insights into how to approach sexual health and education for teenagers who think the curriculum is antiquated and out of touch with their experiences.
ad_icon
-->Sex education and condom distribution in high schools are key, health officials say, because 13 percent of students who were screened for sexually transmitted diseases last year tested positive, according to the health department. Sexually transmitted diseases increase the risk of contracting HIV.
Health officials said frank discussions about sexual relationships are the foundation of sex education. But students surveyed said the instruction they get doesn't address the real-life situations they encounter, such as how to talk to a partner who constantly pushes for unprotected sex.
Girls said they were unlikely to carry condoms for fear of being labeled promiscuous.
Students had another reason for passing up the free condoms available at school. Durex condoms, the brand widely distributed by the Health Department under a contract, are considered lame and more likely to pop or break, students said. They said they prefer Trojan or Magnum.
Youths "have very strong opinions about particular brands of condoms," the researchers wrote. "These opinions . . . factually correct or not, play an important role in a youth's decision to use a product."
Students in the survey also said that school nurses were "judgmental and untrustworthy," making it unlikely that teens would seek their advice.
Wilson High School students Folami Irby-Mottley, 18, and Leslie Cameron, 17, testified that the nurse at their school responded icily when they asked for condoms. "She didn't seem very positive," Irby-Mottley said. The students said they asked for the condoms to see whether student rumors about the nurse's cold behavior were true.
Researchers turned to a small focus group of six nurses to determine whether there was evidence of a disconnect. In spite of a contract that requires nurses to promote educational programs on STDs and health, the researchers said, "there is a lack of clarity as to the role of school nurses with respect to the delivery of sexual health information."
Nurses said that, with only 200 nurses in the school system -- about one for every 245 students -- they have little time to counsel students about anything. Researchers recommended that nurses and teachers work with student leaders to determine how to engage their peers. For example, text messages with sexual health information could be sent to students' cellphones and advice could be stored and downloaded from a Facebook page.

Sabtu, 10 November 2012

cerita impian masa depan versi bahasa inggris

DREAM FUTURE
My name is
siti aminah, I was born in Sragen 17 July 1996. I was the first child in my family. Since childhood I was taught by my parents to always discipline. Right now I am 11 class 3 ipa, ipa because I majored since I liked the subject sd ipa. in addition, because the ipa's broad outlook and wider than the other areas. Plus because I prefer the subjects of mathematics, because mathematics is a part of my life.

Back when
I was little I wanted to be a doctor, but the ideals that changed when I sat dibangku sd, sd, and when I wanted to be a math teacher. But when I smp I also want to be a member of the dpr, because I want to make this country peaceful and free from corruption. Then when I sma I want to be a math teacher and a member of dpr. Later after the sma I wanted to go with a major in Mathematics and Science ugm mathematics, but by my parents were told in medical school. But if you ask me yes waiting on the game alone.

And
after I went up I hope I can just get a job, so if you do not become a teacher of mathematics to be a member of dpr. I wish I could boast of my parents, to me they are the greatest parents and valuable people in this world for me. And I do not want to disappoint people who are very fond of me.

materi teknologi informasi dan kominikasi smt 1 kelas 11

BAB 1
PERANGKAT LUNAK MEMBANGUN INTERNET


1.      Sejarah internet
Sejarah Internet dimulai pada tahun 60-an, yaitu ketika Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas. Selanjutnya, beberapa program penelitian mulai dilakukan untuk melihat mekanisme pengaitan jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik. Salah satu solusi yang muncul dari penelitian-penelitian tersebut adalah teknik packet switching. Pada teknik packet switching, data atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan komputer terlebih dahulu dipotong menjadi paket kecil-kecil agar lebih mudah ditangani dan lebih Andal. Peneliti utama dalam pengembangan packet switching ini adalah Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation), Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research Programs.

Pada tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementaskan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal sebagai ARPANET. Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada jam 22:30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang yang bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan. ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada tahun 1981, jumlah simpul yang tersambung menjadi 213.

Selain jaringan untuk penelitian seperti ARPANET dan X.25, para hobbiis komputer juga mengembangkan teknik jaringan sendiri yang kemudian cukup populer, yaitu UUCP. Masalah terbesar pada teknik ini adalah bagaimana supaya berbagai jenis peralatan jaringan, seperti telepon, radio, kabel LAN yang secara fisik sangat berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengembangan tatacara komunikasi (protokol komunikasi) yang mampu melakukan internetworking, sehingga banyak jaringan kecil dapat saling tersambung menjadi satu menjadi jaringan komputer maha besar.

Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa yang sederhana, komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai “Internet”.

Selain protokol Internet, hal lain yang tidak kalah penting dalam perkembangan Internet adalah metode pengalamatan di Internet. Jon Postel dari Information Science Institute (ISI) di University of Southern California (USC) adalah orang yang sangat berjasa di balik berbagai alokasi alamat IP Internet, manajemen Domain Name System (DNS), tipe media, dan berbagai alokasi nomor untuk tata cara komunikasi penting di Internet. Hingga wafatnya pada tanggal 16 Oktober 1998, Jon Postel mengelola Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Pada tanggal 21 Juli 1998, Jon Postel memperoleh Silver Medal dari International Telecommunications Union (ITU) atas jasa-jasanya membangun Internet di dunia. Saat ini, IANA dioperasikan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Komersialisasi dan privatisasi Internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika Serikat dengan di ijinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi. Internet mulai booming pada tahun 1990-an. dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan e-mail, diskusi bebas di forum, dan Web.

2.      Internet (Interconnected-Network)

Adalah merupakan sekumpulan jaringan dari berbagai komputer di dunia yang dihubungkan satu sama lain dan dapat melakukan proses pertukaran informasi.

Peranan dan Kegunaan Internet
Sebagai sumber data dan informasi terbesar
o Tantangan baru untuk berusaha
o E-commerce - Melakukan perdagangan/ mempromosikan usaha
o Mempromosikan diri sendiri, kontak jodoh
o Kirim surat (e-mail)
o Berkomunikasi teks (chatting)
o Melihat film, Download lagu MP3, Download Software, anti virus, games dll.

Sebagai media belajar Online
o Laboratorium terpadu (Pendidikan dan Usaha)
o E-Education/E-Learning (Proses belajar jarak jauh)
o E-Library (Perpustakaan terbesar di dunia)
o IT-C (Pusat Teknologi Informasi)

Sebagai sarana pertukaran data dan informasi
- tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua komputer
- waktu akses pertukaran sangat cepat.

3.      Perangkat Lunak Untuk Akses Internet Dan Fungsinya

a.      Perangkat Lunak Komputer
Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
·         Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :
Mengidentifikasi program
Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
Macam-macam Perangkat Lunak
Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :
o   Sistem Operasi (Operating System),
o   Program Aplikasi (Application Programs),
o   Bahasa Pemrograman (Programming Language),
o   Program Bantu (Utility)
1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
ü  Menyimpan program dan aksesnya
ü  Membagi tugas di dalam CPU
ü  Mengalokasikan tugas-tugas penting
ü  Merekam sumber-sumber data
ü  Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
ü  Memeriksa kesalahan system
ü  Multitugas pada OS/2, Windows ’95, Windows ’98, Windows NT”, /2000/XP
ü  Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.
2. Program Aplikasi (Aplication Programs)
Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.
3. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.
Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :
§  Bahasa tingkat rendah (low level language)
Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
§  Bahasa tingkat tinggi (high level language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
§  Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++
4. Program Bantu (Utility)
Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.

Contoh software ini diantaranya :
a)      Norton Utility
b)      Winzip
c)      Norton Ghost
d)      Antivirus

b.      Fungsi Perangkat Lunak
Fungsi-fungsi yang dimiliki perangkat lunak Sistem Pengelolaan Informasi Laboratorium Pengujian/Kalibrasi berbasis web studi kasus di LIPI secara umum adalah sebagai berikut :
ü  Mempercepat penyebaran informasi laboratorium pengujian/kalibrasi yang ada di lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
ü  Sarana komunikasi antara pengguna jasa laboratorium dengan petugas pelaksana laboratorium pada unit kerja terkait
ü  Memberikan informasi status bahan, produk, atau peralatan terkini yang sedang diuji atau dikalibrasi pada laboratorium terkait
ü  Memberikan informasi antrian pengguna laboratorium terkait, dan laboratorium sejenis lainnya yang masih ada di lingkungan LIPI
ü  Menyebarkan company profile, yang berisi kemampuan sumberdaya dari setiap unit kerja yang terkait dengan laboratorium pengujian/kalibrasi yang ada di lingkungan LIPI

4.      PERALATAN UNTUK AKSES INTERNET
Peralatan yang dibutuhkan untuk akses internet:
  1. Komputer, Prosessor (minimal)Pentium II, lebih tinggi lebih baik (Pentium III, IV, core duo, dual core, core two duo). RAM, minimal 32 MB, lebih tinggi lebih baik. Harddisk. Kapasitas 1,2 GB lebih tinggi lebih baik (dipasaran banyak dijual 10 GB, 20 GB, 40 GB, 60 GB, dan 80 GB). Drive CD-Rom, VGA Card (Adaptor Monitor), Keyboard dan Mouse, Sound Card dan Sepeaker.
  2. Sistem Operasi. Sistem opersi Windows 98, Windows NT, Windows Me, Windows XP, Windows Vista, Linux, MAC OS (Macintosh). Software Aplikasi : Internet Explore, Netscape Navigator, mIRC, Outlook Expres
  3. Modem. Modulation DEModulation, yaitu alat untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, sehingga data dapat dikirim melalui saluran telepon. Macam Modem ada dua : 1. Modem External 2. Modem Internal: Modem yang dibutuhkan minimal 28.800 bps (bits per second)
  4. Telepon. Telepon dan Modem inilah yang berfungsi untuk saluran dunia luar.
  5. ISP (Internet Service Provider). Perusahaan penyedia jasa Internet, misal RADNET, INDONET, TELKOMnet Instan
5.      BERBAGAI MACAM JARINGAN KOMPUTER
Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan Komputer Adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama

Kasifikasi Jaringan Komputer
  • Berdasarkan skala (luasnya)
  • Berdasarkan fungsinya
  • Berdasarkan jenis/bentuk jaringan
  • Berdasarkan topologi
JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN SKALA LUASNYA
  • LAN (Lokal Area Network). Adalah jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya dalam ukuran kecil yang terdapat dalam suatu gedung atau perkantoran.
  • METROPOLITAN AREA NETWORK (MAN) Adalah jaringan LAN dalam ukuran yang lebih besar, yang umumnya digunakan untuk menghubungkan komputer kantor satu ke kantor lainnya yang letaknya berdekatan.
  • WIDE AREA NETWORK (WAN). Adalah Jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis, dapat juga mencakup negara atau benua
  • INTERNET. Merupakan jaringan yang sangat besar yang dapat mencakup seluruh dunia.
  • JARINGAN TANPA KABEL. Disebut juga jaringan nirkabel (Wireless network) Adalah jaringan komputer yang tidak membutuhkan kabel untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya.

JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN FUNGSINYA
Jaringan komputer yang didedikasikan sebagai server yaitu komputer yang memberi layanan, dan Client adalah komputer yang meminta layanan dari komputer server. Sebuah service/layanan dalam hal ini bisa satu kamputer atau lebih.

JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN JENIS/BENTUK JARINGAN
Jaringan komputer berdasarkan bentunya dibedakan atas :
a. Jaringan Kabel, yaitu jaringan komputer yang dihubungkan dengan menggunakan kabel
b. Jaringan tanpa kabel, yaitu jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Jaringan tanpa kabel ini biasa disebut juga jaringan Nirkabel atau Wiraless Networt
MANFAAT JARINGAN KOMPUTER
1. Membagi sumber daya
2. Berbagi koneksi internet
3. Berbagi printer, perangkat penyimpan atau aksesoris lainnya.
4. Menghemat uang
5. Sebagai sarana komunikasi
6. Akses informasi

JARINGAN KOMPUTER
TOPOLOGI adalah suatu cara menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Rangkaian topologi terdapat server, client, node/simpul dan backbone.
a. Server : Komputer induk pada sebuah jaringan (yang memberi layanan)
b. Client : Komputer yang meminta layanan
c. Node/simpul : Titik sambungan komputer
d. Backbone : Pengkabelan utama (jalur utama)


Jenis-Jenis Topologi Jaringan Komputer
Jaringan komputer yaitu suatu jenis jaringan yang saling berkaitan atau suatu jaringan yang saling berhubungan antara jaringan komputer yang satu dengan yang lainnya yang dapat melakukan pertukaran informasi maupun pertukaran data. Jaringan tersebut dinamakan topologi jaringan. Nantinya akan saya bahas satu persatu tentang macam-macam topologi jaringan. Namanya juga jaringan, pasti tidak akan sempurna, ada kelebihan dan kekurangan pada topologi jaringan tersebut. Berikut jenis-jenis topologi jarinngan komputer :
Macam-macam topologi jaringan komputer
1. Topologi Bus
Topologi bus ini sering juga disebut sebagai topologi backbone, dimana ada sebuah kabel coaxial yang dibentangkan kemudian beberapa komputer dihubungkan pada kabel tersebut.

Kelebihan topologi Bus :
  1. Layout kabel sederhana sehingga instalasi relatif lebih mudah
  2. Kerusakan satu komputer client tidak akan mempengaruhi komunikasi antar client lainnya
  3. Hemat kabel sehingga biaya instalasi relatif lebih murah
  4. Penambahan dan pengurangan terminal dapat dilakukan tanpa mengganggu operasi yang berjalan.

Kekurangan topologi Bus :
  1. Jika kabel utama (bus) atau backbone putus maka komunikasi gagal
  2. Bila kabel utama sangat panjang maka pencarian gangguan menjadi sulit
  3. Kemungkinan akan terjadi tabrakan data(data collision) apabila banyak client yang mengirim pesan dan ini akan menurunkan kecepatan komunikasi.
  4. Keamanan data kurang terjamin
  5. Diperlukan repeater untuk jarak jauh
2. Topologi Ring

Disebut topologi ring karena bentuknya seperti cincing yang melingkar. Semua komputer dalam jaringan akan di hubungkan pada sebuah cincin. Cincin ini hampir sama fungsinya dengan concenrator pada topologi star yang menjadi pusat berkumpulnya ujung kabel dari setiap komputer yang terhubung.


Kelebihan topologi ring :
  1. Dapat melayani aliran lalulintas data yang padat
  2. Aliran data mengalir lebih cepat karena dapat melayani data dari kiri atau kanandari server
  3. Trasmisi data yang relatif sederhana seperti perjalanan paket data dalam satu arah saja.

Kekurangan topologi ring :
  1. Kerusakan pada salah satu media pengirim/terminal dapat melumpuhkan kerja seluruh jaringan
  2. Paket data harus melewati setiap komputer antara pengirim dan penerima, sehingga menjadi lebih lambat
  3. Pengembangan jaringan menjadi lebih kaku karena penambahan terminal atau node menjadi lebih sulit bila port sudah habis.
3. Topologi Star

 Disebut topologi star karena bentuknya seperti bintang, sebuah alat yang disebut concentrator bisa berupa hub atau switch menjadi pusat, dimana semua komputer dalam jaringan dihubungkan ke concentrator ini.

Kelebihan topologi star :
  1. Karena setiap komponen dihubungkan langsung ke simpul pusat maka pengelolaan menjadi mudah
  2. Kegagalan komunikasi mudah ditelusuri.
  3. Kegagalan pada satu komponen/terminal tidak mempengaruhi komunikasi terminal lain.
  4. Kontrol terpusat sehingga memudahkan dalam deteksi dan isolasi kesalahan serta memudahkan pengelolaan jaringan.

Kekurangan topologi star :
  1. Kegagalan pusat kontrol (simpul pusat) memutuskan semua komunikasi
  2. Bila yang digunakan sebagai pusat kontrol adalah HUB maka kecepatan akan berkurang sesuai dengan penambahan komputer, semakin banyak semakin lambat.
  3. Boros dalam penggunaan kabel
  4. Kondisi HUB harus tetap dalam kondisi baik, kerusakan HUB berakibat lumpuhnya seluruh link dalam jaringan sehingga computer tidak dapat saling berkomunikasi

4. Topologi Tree

 Topologi pohon adalah pengembangan atau generalisasi topologi bus. Media transmisi merupakan satu kabel yang bercabang namun loop tidak tertutup.

Kelebihan topologi tree :
  1. Memungkinkan untuk memiliki jaringan point to point
  2. Mengatasi keterbatasan pada topologi star, yang memiliki keterbatasan pada titik koneksi hub.
  3. Topologi tree membagi seluruh jaringan menjadi bagian yang lebih mudah diatur
  4. Topologi tree ini memiliki keunggulan lebih mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dengan mengaktifkan fungsi Repeater yang dimiliki oleh HUB.


Kekurangan topologi tree :
  1. Karena bercabang maka diperlukan cara untuk menunjukkan kemana data dikirim, atau kepada siapa transmisi data ditujukan.
  2. Perlu suatu mekanisme untuk mengatur transmisi dari terminal terminal dalam jaringan.
  3. Kabel yang digunakan menjadi lebih banyak sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam pengaturannya, termasuk di dalamnya adalah tata letak ruangan.
  4. HUB menjadi elemen kritis.
5. Topologi Mesh
Topologi Mesh adalah topologi yang tidak memiliki aturan dalam koneksi. Karena tidak teratur maka kegagalan komunikasi menjadi sulit dideteksi, dan ada kemungkinan boros dalam pemakaian media transmisi. setiap perangkat Setiap prrangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).

Kelebihan topologi mesh :
  1. Dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat tujuan.
  2. Data dapat di kirim langsung ke computer tujuan tanpa harus melalui computer lainnya lebih cepat.
  3. Satu link di gunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang di tuju.
  4. Memiliki sifat Robust, yaitu apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan mempengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.
  5. Mudah dalam proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.

Kekurangan topologi mesh :
  1. Setiap perangkat harus memiliki I/O port.
  2. Butuh banyak kabel sehingga butuh banyak biaya.
  3. Instalasi dan konfigurasi lebih sulit karena komputer yang satu dengan yang lain harus terkoneksi secara langsung.
  4. Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.




BAB 2
TATA CARA KONEKSI KE INTERNET
1.      TATA CARA KONEKSI INTERNET
§  Perangkat Keras Yang Digunakan Untuk Koneksi Ke-Internet
Untuk dapat mengakses Internet kita membutuhkan beberapa perangkat keras diantaranya adalah  1. Komputer/Notebook
Di sarankan komputer yang digunakan untuk koneksi ke Internet memiliki spesifikasi minimal sebagai berikut :
ü Prossesor Pentium 2 (350MHz), minimal prossesor 486
ü RAM (Memory computer) 128 Mb, minimal 16Mb
ü Harddisk 10Gb
ü Monitor yang mendukung resolusi minimal 800×600 pixel
ü Sistem Operasi Linuk, windows 98 atau windows XP
2. Modem (Modulator-Demodulator)
Dengan Modem memungkinkan sebuah komputer terhubung ke jaringan Internet. Modem merupakan alat yang mampu mengubah sinyal Digital menjadi sinyal Analog, sinyal analog inilah yang ditransmisikan melalui kabel telepon. Selanjutnya sinyal analog tersebut diubah kembali menjadi sinyal Digital, sinyal digital inilah yang diterima oleh komputer. Ada dua jenis modem yaitu Modem Internal (di pasang di dalam CPU) dan Modem External (Di pasang di luar CPU)
3. Jaringan Telepon Kabel
Jaringan telepon kabel merupakan media penghubung antara komputer dengan jaringan Internet.
4. Kabel dan Konektor, untuk Jaringan Telepon Kabel maka kita membutuhkan Kabel penghubung yaitu kabel RJ-11. Sedangkan untuk handphone harus menggunakan kabel data bawaan dari handphone tersebut.
5. Telepon Celluler (Handphone/HP), dapat dihubungkan ke jaringan Internet dengan beberapa cara yaitu: dengan kabel data, bluetooth atau infrared.
6. Bluetooth, alat untuk mentransmisikan data dengan menggunakan gelombang radio pada frekwensi tertentu.
7. Infrared, alat untuk mentransmisikan data dengan gelombang sinar infra merah.
Pada prakteknya tidak semua alat yang tersebut di atas digunakan secara sekaligus, tetapi kita hanya membutuhkan beberapa alat saja tergantung bagaimana cara kita koneksi ke Internet. Koneksi ke Internet dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu :
1. Menggunakan JaringanTelepon Kabel
2. Menggunakan Jaringan GPRS pada HP
3. Menggunakan Jaringan Televisi/TV-Kabel
4. Menggunakan Jaringan WIFI (Wirelles Fidelity)
5. Menggunakan Jaringan WARNET (Warung Internet)
§  Tata Cara Akses Internet dan Localhost

• Internet Service Provider
Internet Service Provider adalah suatu perusahaan yang menyediakan layanan jasa akses ke internet baik untuk personal maupun corporate, untuk computer pribadi atau dalam bentuk jaringan.
Jenis-jenis koneksi yang diberikan oleh ISP adalah :
1. IP connection
Jika semua hardware dan software yang kita punya ingin secara langsung terkoneksi ke internet, maka kita harus menggunakan IP address.
2. Dial-up connection.
Jika kita menggunakan modem untuk dial ke ISp supaya mendapatkan koneksi ke internet, maka hal itu disebut akses dial-up.
Berdasarkan sifatnya, ISP dibagi menjadi dua, yaitu :
1. ISP Tertutup
adalah ISP yang memberikan layanan akses internet hanya pada jaringan lokal
dalam lembaga yang bersangkutan.
2. ISP Terbuka
Adalah ISP yang memberikan layanan akses internet untuk masyarakat luas.
Di Indonesia ada beberapa ISP yang menyediakan layanan internet, diantaranya Indonet, Satelindo, Centrin Internet, LinkNet, telkomNet, dan sebagainya.

• Biaya Internet
Sistem perhitungan biaya berlangganan akses Internet ISP dibagi menjadi tiga kategori, yaitu :
1. Volume Based
adalah perhitunagn biaya akses Internet yang bergantung pada jumlah data yang diambil dari Internet.
2. Time Based
adalah perhitunagn biaya akses internet yang bergantung pada waktu yang digunakan dalam mengakses Internet.
3. Flat Rate?Unlimited
adalah perhitungan biaya akses Internet yang tidak bergantung kepada jumlah data yang diambil atau waktu akses Internet.

• Layanan ISP
ISP berkembang berdasarkan kebutuhan pengguna untuk dapet mengakses Onternet secara mudah dimanapun mereka berada.ISP berusaha memberikan layanan secara maksimal. Layana ISP tersebut adalah :
1. Dial-up
Adalah layanan akses Internet dengan menggunakan modem dial-up yang dihubungkan pada line telepon.
Penggunaan akses dial-up diagi menjadi empat, yaitu :
- Personal dial-up
- Corporate dial-up
- Night Server Access
- LAN dial-up ISDN
2. Mobile Access
adalah layanan akses Internet melalui telepon seluler.
3. Hotspot
adalah layana akses Internet pada lokasi-lokasi tertentu.
4. Wireless
adalah layanan akses Internet tanpa kabel.
5. Dedicated Connection
adalah layanan akses Internet 24 jam setiap hari selama 7 hari.

• Setting Modem Dial-UP
Perangkat keras untuk akses Internet harus telah diinstall pada computer sebelum melakukan koneksi ke ISP. Apabila modem yang digunakan adalah modm internal, pasangkan dulu modem tersebut pada slot ekspansi yang terdapat pada mainboard. Apabila modem yang digunakan adalah modem eksternal, hubungkan terlebih dahulu kabel modem pada communication port dan aktifkan modem

• Setting koneksi ke ISP
Setelah perangkat yang dibutuhkan telah siap dan system operasi computer siap pula untuk digunakan.

• Koneksi ke Internet
Langkah-langkahnya :
- klik menu start
- arahkan pointer mouse pada Connet To
- klik nama koneksi ISP ( misalnya Telkomnet@instan )
kemudian akan tampil jendela Connect To Telkomnet@instan
- klik Dial,tunggulah proses koneksi.

Koneksi Internet Melalui Handphone:
1. Handphone GSM
GPRS dapat menghubungkan anda ke Internetdimana pun berada. Dengan cara mengaktifkan layanan GPRS bersangkutan dan selanjutnya setting GPRS.
2. Handphone CDMA
Teknologi telepon seluler CDMA dapat digunakan akses Internet daiantaranya adalah PT Telkom dengan layanan Flexi dan Indosat dengan layanan Star One.

§  TEKNIK KONEKSI KE INTERNET
1.KONEKSI INTERNET DENGAN DIAL UP
Koneksi internet dial up adalah koneksi dengan menggunakan telepon biasa (rumah). Dewasa ini modem dial-up mampu mencapai kecepatan transmisi data hingga 56 Kbps (klilobit per detik), namun pada kenyataannya belum tentu sesuai dengan yang ditawarkan. Kecepatan realnya hanya sekitar 12 sampai 20 kbps.
ØKelebihan dan kekurangan
-Paling gampang dilakukan.
-Harga modem internal murah
-Hampir semua laptop sekarang sudah terpasang modem untuk dial up
-Lebih sesuai untuk koneksi internet yang bersifat sesaat, misalnya untuk menge-cek email.
-Ketika anda menggunakan telepon rumah untuk koneksi dial up, telepon rumah dalam status sibuk. Begitupun sebaliknya, Ketika telepon rumah sedang menerima panggilan masuk, otomatis koneksi internet terputus.
2. KONEKSI INTERNET DENGAN TV KABEL
Koneksi internet dengan TV kabel memilki beberapa kelebihan dibanding menggunakan saluran telepon. Salah satunya adalah kita dapat terhubung ke internet selama 24 jam tanpa harus terganggu jam sibuk telepon.
Koneksi internet dengan TV kabel mempunyai variasi kecepatan akses antara 64 Kbps, 384 Kbps, 512 Kbps, 1024 Kbps, dan 1536 Kbps.
Ø Kelebihan
-Layanan unlimited (tanpa batas)
-Tidak ada biaya tambahan, hanya membayar iuran bulanan saja
-Kecepatan akses tidak terpengaruh oleh jam sibuk
Ø Kekurangan
-Jaringan masih terbatas
-Modem masih cukup mahal
-ISP tertentu mengharuskan berlangganan TV kabel, jika kita hanya memerlukan koneksi internet saja, biaya koneksinya menjadi lebih mahal.
3. KONEKSI INTERNET DENGAN ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)
Koneksi internet dengan ADSL adalah koneksi internet yang menghubungkan komputer menggunakan modem khusus dengan saluran telepon biasa (rumah), seperti pada koneksi dial up tapi pada frekwensi yang berbeda. Sehingga keuntungannya, line telepon rumah tidak terganggu.
Teknologi modulasi yang dikembangkan dengan discrete multitone (DMT), yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi . Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi seperti halnya video.
Perbedaan modem ADSL dan modem konvensional yang mudah dilihat adalah dalam kecepatan pentransferan (upload/download) data. Walaupun sama-sama menggunakan saluran telepon umum sebagai jalur komunikasinya, kecepatan pada modem ADSL berkisar antara 1.5 Mbps sampai 9 Mbps. Perbedaan kecepatan yang mencolok diantara keduanya akibat perbedaan penggunaan frekwensi untuk mengirim sinyal/data. Modem konvensional menggunakan frekwensi di bawah 4 KHz, sedangkan modem ADSL menggunakan frekwensi diatas 4 KHz. Umumnya modem ADSL menggunakan frekwensi antara 34 KHz sampai 1104 KHz.
ADSL berbasis DMT tampak sebagai transisi dari kawat tembaga ke kabel fiber masa depan. Hal ini menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk kebutuhan telepon lokal perusahaan karena perangkat ADSL menyediakan layanan data berkecepatan tinggi sebelum menggunakan teknologi optik fiber.
Untuk mendapatkan koneksi internet dengan ADSL, kita harus menghubungi customer service dari ISP untuk pemasangan atau instalasi. Biasanya pihak ISP akan mengirimkan petugas ke lokasi kita untuk melakukan instalasi. Sama dengan TV kabel, untuk modem sebaiknya dibeli dari ISP yang kita pilih.
Ø Kelebihan
-Tidak perlu dial up
-Walaupun masih menggunakan line telepon dan terhubung ke internet selama 24 jam, anda masih tetap bisa menerima dan melakukan panggilan telepon dengan menggunakan Splitter yang disediakan oleh ISP yang anda pilih.
-Sistem pembayaran bulanan-
Ø Kekurangan
Pada jam sibuk, koneksinya sering lambat dan kadang sampai terputus. Jadi ketika anda memutuskan untuk men-download menggunakan jenis koneksi ini, sebaiknya anda menggunakan Download Accelerator (Software yang dapat melanjutkan proses download ketika koneksi internet anda terputus).
4. KONEKSI INTERNET DENGAN WIRELESS (HOTSPOT)
Hotspot merupakan salah satu pemanfaatan wireless LAN yang biasanya dipasang di lokasi-lokasi publik seperti taman, restoran, perpustakaan, kantor, bandara, dan lain-lain. Pertama kali digagas tahun 1993 oleh Brett Steward. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan. Pada umumnya hotspot menggunakan standarisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g. Teknologi WLAN ini mampu memberikan kecepatan akses yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE 802.11b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11g) dalam jarak hingga 100 meter. Tetapi kecepatan aslinya tergantung pada penyedia layanan ini.
ØKelebihan
Pada umumnya, laptop saat ini sudah dilengkapi dengan card wireless, sehingga anda tidak perlu membeli modem lagi untuk mengakses internet.
Akses internet tidak hanya terpaku pada tempat dalam jangkauan kabel, tetapi dapat memilih tempat yang nyaman buat anda.
Karena kecepatan aksesnya cukup tinggi, dapat digunakan untuk men-download sesuai dengan keinginan anda.
Gratis, bila penyedia layanan tidak memungut biaya terhadap koneksi ini.
Ø Kekurangan
Jika anda ingin memasang koneksi internet ini di rumah, anda harus membeli hub wireless terlebih dahulu.
Koneksinya tergantung cuaca. Jika cuaca baik, koneksinya bagus. Namun jika ada hujan dan petir, biasanya menjadi lambat bahkan putus.
Kurang stabil jika digunakan dalam ruang tertutup, misalnya dalam kamar.
Jika anda hanya ingin memanfaatkan hotspot gratis, yang dibutuhkan adalah laptop atau handphone yang memiliki fasilitas Wi Fi. Namun, bila ingin memasang dan membagikan koneksi , anda harus membeli modem wireless.


Cara Akses Internet dan Localhost
A. Perbedaan Internet dan Localhost
Internet kepanjangan dari Interconnected Network yaitu server jaringan global yang dapat diakses oleh seluruh computer yang ada di dunia dengan kelas IP yang berbeda-beda.
Localhost adalah server jaringan lokal yang dapat diakses oleh computer pada jaringan lokal tertentu dengan kelas IP yang sama. Untuk mengakses Internet dan localhost dilakukan dengan menggunakan bahasa protocol yang sama, yaitu HyperText Transfer protocol ( HTTP ). Web host Internet disimpan pada computer yang dapat diakses oleh seluruh computer yang terhubung jaringan Internet.

B. Akses Internet dan Localhost
Untuk mengakses Internet dan localhost menggunakan cara yang sama. Protokol yang digunakan adalah IP. Web browser yang digunakan adalah Internet Exploler, mozilla Firefox dan Opera.

C. Membuat Localhost
Membuat localhost pada computer server dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang interaktif. Untuk membuat localhost terdapat beberapa software yang dibutuhkan, misalnya pada system operasi Windows 2000 server dengan menggunakan Internet Information Server yang sudah terintegrasi.

D. Membuat Virtual Host
Modul vhost digunakan untuk membuat virtual host. Membuat virtual host pada computer lokal dapat membuat nama domain atau host sesuai keinginan.
Misalnya dengan nama domain www.labkom47.com pada platform Windows 2000 Server Family.

KECEPATAN AKSES INTERNET
Ada beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan akses internet, salah satunya adalah Modem yang kita gunakan.
1. Modem Internal/External
Modem Jenis ini yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet melalui jaringan telepon kabel. Modem Jenis ini memiliki kecepatan 33kbps s/d 56kbps.
2. Mobile Modem
Salah satu bentuk dari modem external, Tetapi menggunkan teknologi GPRS/3G/3,5G untuk mentransmisikan data. Modem jenis ini di desain secara khusus menggunakan SIM CARD baik GSM ataupun CDMA dan memiliki kecepatan 480kbps. Koneksinya ke komputer menggunakan USB.
3. Handhone Modem (Modem yang ada di dalam Handphone)
Teknologinya sama dengan Mobile Modem, hanya cara koneksi ke komputer yang berbeda. Jika menggunakan Kabel data kecepatannya 480kbps dan jika menggunakan bluetooth hanya 115kbps.
4. Kecepatan Akses GPRS adalah 115kbps. Dikenal dengan teknologi seluler generasi ke 2
5. Kecepatan Akses 3G merupakan teknologi seluler generasi ke tiga yang ditandai dengan hadirnya UMTS(Universal mobile Telecomunication System), dalam kondisi stabil memiliki kecepatan akses 2Mbps
6. Kecepatan Akses 3,5G merupakan pengembangan dari teknologi UMTS yaitu teknologi HSDPA(High Speed Downlink Packet Access) yang memiliki kecepatan akses 3,6mbps s/d 7,2Mbps.