Rabu, 21 November 2012

dampak negatif internet


Dampak negatif yang diperoleh dari penggunaan internet. Diantaranya :

  • ·        Dengan adanya internet ini cenderung siswa karena merasa mudah membuat siswa menjadi malas untuk membaca buku.
  • ·        Menghabiskan sebagian waktunya untuk membuka jejaring sosial dan game online sehingga kita banyak mengluarkan uang yang mungkin kurang bermanfaat.
  • ·        Karena internet besifat bebas dan mudah diakses pornografipun merajalela. Hal ini berdampak buruk bagi perkembangan prestasi dan mental siswa.
  • ·        Menyebabkan fungsi mata terganggu oleh radiasi dari monitor. Sering terjadi nyeri pada bagian punggung karena saraf dipunggungnya terganggu akibat terlalu lama didepan komputer atau posisi duduk yang kurang nyaman.
  • ·        Berdampak juga pada kesehatan manusia diantaranya mengubah alur kerja game, menghambat respon sistem imun, tingkat hormon, fungsi arteri dan mempengaruhi kondisi menta yang akhirnya hal tersebut berpotensi meningkatkan resiko gangguan kesehatan seperti kanker, stroke, penyakit jantung dan lain-lain.
  • ·        Seorang yang menghabiskan waktunya didepan komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktifitas ini dapat menimbulkan fisik yang lemah bahkan obesitas.
  • ·        Selain dampak diatas kita juga sering mengenal dengan kata kecanduan internet yang berdampak pada [restasi dan minat belajar siswa.
    1. Bagaimana cara menanggulangi dampak negatif penggunaan internet terhadap minat belajar siswa ?
Berikut cara agar siswa tetap menggunakan internet namun tidak mengganggu prestasi dan minat belajar :
·        Pandai-pandai membagi waktu.
·        Tidak terlalu banyak online menggunakan internet tetapi menggunakan handphone yang lebih praktis.
·        Hanya memakai game online dan jejaring sosial pada waktu senggang.
·        Mengurangi aktifitas menggunakan internet, lalu waktunya digunakan untuk belajar.
·        Membatasi pemakainan internet.
    1. Bagaimana cara meningkatkan minat belajar ?
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Diantaranya :
  • ·        Menghubungkan bahan pelajaran yang akan diajarkan dengan siswa maka minat belajar akan tumbuh manakala ia dapat menangkap bahwa materi pelajaran itu berguna untuk kehidupan sehari-hari.
  • ·        Menyesuaikan materi pelajaran dengan tingkatan pengalaman dan kemampuan siswa. Materi pelajaran yang terlalu sulit untuk dipelajari atau materi pelajaran yang jauh dari pengalaman siswa akan tidak diminati siswa. Materi pelajaran yang terlalu sulit akan dapat diikuti dengan baik, yang dapat menimbulkan siswa akan gagal mencapai hasil yang optimal. Dan kegagalan itu dapat membunuh minat belajar siswa. Biasanya minat belajar akan tumbuh jika siswa mendapatkan kesuksesan dalam belajar.
  • ·        Belajar dengan menggunakan berbagai model dan strategi pembelajaran secara bervariasi, misalnya : diskusi, kerja kelompok, eksperimen, demonstrasi, dan lain-lain.
  • ·        Sisa menyadari sendiri akan pentingnya belajar dan berusaha menaikkan minat belajar masing-masing sendiri. Karena jika guru sudah mengusahakan berbagai macam cara untuk meningkatkan minat belajar siswa, tidak akan ada gunanya jika siswa itu sendiri sama sekali tidak peduli dengan minat belajar mereka.

1 komentar:

  1. http://semuaceritavipdomino.blogspot.com/2017/11/20-tips-sukses-bangun-bisnis-dari-nol.html
    http://semuaceritavipdomino.blogspot.com/2017/11/jakarta-menteri-keuangan-menkeu-sri.html
    http://semuaceritavipdomino.blogspot.com/2017/11/5-pasangan-artis-yang-amankan-harta.html


    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - Skype : Vip_Domino
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    BalasHapus